SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEWIRAUSAHAAN
Sumber
daya manusia atau biasa disingkat menjadi
SDM adalah potensi yang terkandung dalam
diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk
sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri
serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan
kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Sedangkan dalam
hubungannya denagan kewirausahaan, SDM merupakan Individu-individu dalam
organisasi kerwirausahaan yang dapat memberikan kontribusi atau sumbangan yang
berharga berupa peroduktivitas dari posisi yang mereka pegang untuk mencapai
tujuan sistem organisasi kewirausahaan. Tugas penyediaan sumber daya manusia
yang semestinya adalah sangat penting bagi wiraswastawan. Produktivitas pada
semua organisasi kewiraswastaan ditentukan oleh bagaimana sumber daya manusia
berinteraksi dan bergabung untuk menggunakan sumber daya system manajemen.
Faktor-faktor seperti latar belakang, umur, pengalaman yang berhubungan dengan
jabatan, dan tingkat pendidikan formal kesemuanya mempunyai peranan di dalam
menentukan tingkat ketepatan posisi individu-individu pada organisasi
kewiraswastaan.
Langkah-langkah penyediaan sumber daya manusia :
1. Perekrutan karyawan
Penarikan tenaga kerja adalah langkah
pertama di dalam menyediakan sumber daya manusia bagi organisasi kewiraswastaan
setiap kali terdapat posisi yang kosong.
2. Seleksi calon karyawan
Seleksi tenaga kerja adalah penyaringan
awal dari calon sumber daya manusia yang tersedia untuk mengisi suatu posisi.
Tujuannya adalah untuk memperkecil hingga jumlah yang relatif sedikit calon
karyawan dari mana seseorang akhirnya akan disewa.
Tahap proses selesi :
-
Penyaringan pendahuluan dari rekaman,
berkas data dll
-
Wawancara pendahuluan
-
Tes kecerdasan ( IQ )
-
Tes bakat ( Aptitude )
-
Tes kepribadian ( Personality )
-
Rujukan Prestasi ( Performance
References )
-
Wawancara Diasnotik
-
Pemeriksaan Kesehatan
-
Penilian Pribadi
Dua alat yang sering digunakan untuk
membantu proses seleksi adalah :
11. Ujian
Di dalam Ujian ini di bagi menjadi 4
kategori yaitu :
a. Tes bakat
b. Tes pencapaian
c. Tes minat vokasional
d. Tes kepribadian
22. Pusat Penilian
Suatu program dan bukannya tempat dimana
peserta tergabung dalam sejumlah individu dan kelompok latihan yang dibentuk
untk menstimulasi aktivitas-aktivitas peting pada tingkat dimana peserta
berharap untuk bisa mencapai suatu tingkatan tertentu.
3. Pelatihan karyawan
Pelatihan karyawan adalah keterampilan
yang diajarkan pihak perusahaan kepada karyawannya.
4. Penilaian hasil kerja
Penilaian tentang hasil kerja yang telah
dilakukan oleh karyawannya, apakah sesuai dengan yang diharapkan atau belum.
SUMBER DARI SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber dari dalam organisasi :
• Karier
Karir pekerjaan dari seorang karyawannya
yang begitu meningkat, memungkinkan karyawan tersebut akan mengisi posisi yang
kosong.
• Promosi jabatan, promosi dari dalam
biasanya mempunyai keuntungan (1) membangun moral, (2) mendorong karyawan untuk
bekerja lebih keras dengan harapan akan mendapatkan promosi, dan (3) membuat
individu cendrung tinggal dengan organisasi kewiraswastaan tertentu karena
kemungkinan promosi di masa depan.
• Rotasi jabatan
Rotasi jabatan bisa dilakukan apabila
itu diperlukan untuk kepentingan perusahaan.
Sumber dari luar organisasi :
• Para pesaing
Satu sumber eksternal sumber daya
manusia yang umumnya terbuka adalah organisasi kewiraswastaan pesaing. Karena
terdapat beberapa keuntungan membajak sumber daya manusia dari pesaing, tipe
pembajakan ini telah menjadi praktek yang umum. Diantara
keuntungan-keuntungannya adalah: (1) pesaing akan harus membayar pelatihan
individu sampai saat penyewaan, (2) organisasi kewiraswastaan pesaing mungkin
akan agak diperlemah dengan kehilangan individu, dan (3) sekali disewa,
individu menjadi sumber informasi yang berharga mengenai bagaimana cara terbaik
bersaing dengan bekas organisasinya
• Badan/agen penempatan kerja
Suatu agen penempatan kerja adalah suatu
organisasi yang mengkhususkan diri di dalam menyesuaikan individu dengan
organisasi. Agen-agen tersebut membantu orang-orang untuk menemukan pekerjaan
dan organisasi yang memerlukan tenaga kerja.
• Lembaga pendidikan, beberapa wiraswastawan pergi secara langsung ke perguruan tinggi untuk mewawancarai mahasiswa-mahasiswa yang mendekati kelulusan. Sekolah bisnis, sekolah teknik, sekolah seni, dan lain-lain mempunyai sumber daya manusia yang agak berbeda untuk ditawarkan. Usaha penarikan tenaga kerja hendaknya dipusatkan pada sekolah-sekolah dengan kemungkinan tertinggi untuk menyediakan sumber daya manusia semestinya bagi posisi lowong.
• Mass media informasi
Mungkin sumber tenaga kerja manusia yang
potensial yang paling luas adalah pembaca dari publikasi-publikasi tertentu.
Untuk bisa menemukan sumber ini, wiraswastawan bisa memasang iklan pada
media masa. Iklan tersebut hendaknya menguraikan posisi yang lowong secara
mendetail dan mengumumkan bahwa organisasi kewiraswastaan menerima lamaran dari
individu yang memiliki kualifikasi. Tipe posisi yang hendak diisi menentukan
tipe publikasi di mana suatu iklan hendak dipasang.
Berikut adalah beberapa langkah yang
harus Anda pertimbangkan ketika merencanakan untuk berwirausaha salah satunya
bisnis online, yaitu :
1.Buatlah strategi promosi
Rencanakan bisnis online Anda dengan
berpikir tentang bagaimana pelanggan Anda dapat dan harus menemukan Anda.
Tanyakan kepada diri sendiri "apa yang Anda sukai" untuk mendapatkan
para pelanggan Anda. Berapa persentase orang akan siap untuk membayar untuk
produk Anda dan mengapa.
2.Analisa Pasar
Analisa Pasar umumnya tentang belajar
tentang kondisi pasar dimana Anda mempromosikan produk Anda. Hal ini dapat
dipelajari dengan melakukan analisis tertutup terhadap pesaing Anda, pencarian
Google, yahoo, keuangan atau dengan menyewa seorang ahli untuk melakukannya
untuk Anda. Semakin Anda tahu tentang pasar Anda, kesempatan yang Anda miliki
untuk berhasil dalam usaha pemasaran online Anda semakin besar.
Ini adalah salah satu langkah penting
yang sering diabaikan pelaku bisnis. Anda harus tau apa yang ada di pikiran
pelanggan Anda saat sebelum membeli produk dan apa yang harus Anda masukkan ke
dalam pikirannya sehingga dia harus membeli produk Anda. Selanjutnya Anda juga
harus menganalisis apa yang akan menjadi kelompok usia orang yang bersedia
untuk membeli produk Anda.
4.Produk Positioning
Ini berarti menciptakan reputasi dalam
pikiran pelanggan Anda ketika ia / ia mendengar nama perusahaan Anda. Hal ini
penting dari penamaan produk Anda untuk membangun reputasi dan memberikan
dukungan terbaik.
5.Mencari Pasar yang tepat untuk mempromosikan produk Anda
Bila Anda memiliki terlalu banyak
kompetisi beragam maka sangat sulit untuk mempromosikan produk Anda. Sebagai
contoh pasar penurun berat badan tidak akan menjual produk pembangun otot.
pembesar otot dan penurun berat badan keduanya seperti pasar yang sangat dekat
tetapi Anda tidak akan dapat menjual produk bagus di pasar yang berlawanan
tanpa penelitian.
6.Berikan harga yang tepat
Bila Anda pemain baru maka sangat
penting bagi Anda untuk menyediakan produk atau jasa Anda dengan harga yang
kompetitif dan mungkin dengan penawaran menarik. Beberapa kali Anda mungkin
harus menurunkan harga. Karena Anda pemain baru untuk pasar, Anda harus
menderita kerugian sementara atas beberapa laba yang diperoleh dari setiap
produk yang dijual, ini biasanya terjadi pada setiap pemain baru yang mencoba
untuk membangun keuntungan bisnis online untuk pertama kalinya. Sedangkan
pemotongan harga dan memberikan penawaran khusus tidak harus selalu rugi
seiring waktu.
7.Menjual Produk secara Online
Ini adalah cara bagaimana Anda akan
menjual produk secara online. Ada beberapa metode yang mencakup tentang
afiliasi untuk menjual produk Anda, SEO untuk website Anda, artikel pemasaran,
press release, membayar per klik iklan (CPC), membeli ruang iklan dari situs
yang relevan, drive trafik, memberikan laporan gratis dll
8. Distribusi Dan Pengiriman Produk
Jika Anda menawarkan produk fisik maka
sebaiknya termasuk menyediakan jasa pengiriman cepat. Jika produk Anda digital
seperti layanan perangkat lunak, ebook atau online maka setidaknya menyediakan
akses instan. Ini praktis melibatkan kualitas layanan yang Anda sediakan
terhadap produk atau layanan Anda.
Dalam bisnis online yang berbasis
menengah – kecil biasanya jarang terjadi perekrutan tenaga kerja, karena bisnis
ini dapat dikerjakan secara personal. Bila bisnis tersebut merupakan bisnis
yang besar, maka dibutuhkan perekrutan tenaga kerja ahli yang mampu menjalankan
bisnis tersebut
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar