BAB 4
Pengguna dan Pengembang Sistem
Spesialis-spesialis informasi sebuah perusahaan terdiri dari atas analisa
sistem administrator basis data, Webmaster spesialis jaringan, programmer dan
Operator. Para spesialis ini berada dalam unit layanan informasi namun karna
perkembangan zaman mereka di pindahkan ke unit bisnis.
Perusahaan
hendaknya memiliki sumber daya manusia yang memiliki keahlian untuk bisa
mengembangkan sebuah sistem. Namun kenyataan di lapangan perusahaan hanya
mengandalkan spesialis dari luar. Jika
perusahaan bisa mengimplemantasikan ke pegawai internal maka akan terasa
manfaat nyata.
Pengembangan sistem
adalah suatu aktivitas yang selalu berevolusi. Bentuk organisasi dan peranan
yang dimainkan oleh para pengguna dan spesialis informasi terus –menerus
mengalami perubahan.
A. ORGANISASI BISNIS
Dukungan Sistem Informasi bagi
Organisasi
Sistem-sistem Informasi
dikembangkan untuk mendukung kegiatan operasional sebuah organisasi.Sebuah
sumber daya fisik dialokasikan ke area anak perusahaan. Inovasi tersebut
memberikan manfaat yaitu banyak aktivias perusahaan yang tidak di batasi oleh
lokasi. Struktur ini disebut dengan organisasi maya.
Organisasi Layanan Informasi :
- Sumber daya Informasi memiliki tugas menidentifikasi sebuah piranti komputer. Sebagian pekerja ini bertugas langsung ke lapangan.
- Spesialis Informasi memiliki tugas untuk mengkordinasi atas sumber daya yang dimiliki perusahaan contohnya programmer, analis sistem dan seterusnya.
- Analis sistem memiliki tugas untuk mengidentifikasi masalah dan membuat sebuah dokumen tertulis mengenai bagaimana komputer akan menyelesaikan sebuah masalah.
- Administrator Basis Data memiliki tugas perencanaan,implementasi, operasi dan keamanan.
- Webmaster memiliki tugas untuk membuat situs web yang menyajikan perkembangan sebuah perusahaan melalui sebuah grafik dan webmaster diharapak dapat melacak orang yang mengunjungi halaman web. Angka statistic ini dapat memberikan keefektifan.
- Spesialis Jaringan memili tugas menganalisa sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar.
- Progammer memiliki tugas membuat kode program yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
- Operator memiliki tugas memelihara sebuah sistem setelah sistem di implementasikan.
Struktur Organisasi Inovatif
Struktur organisasi ini memiliki cara pandang inovatif yang menyimpan seluruh
sumber daya informasi dan memberikan semua sistem informasi kepada para
pengguna.Seorang IT berinteraksi dengan pengguna maupun vendor dan tanggung
jawab atas divisional dan manajer rekening.Pandangan ini mencerminkan
perusahaan mendelegasikan fungsi tsb.
Komputasi Pengguna Akhir
Penyebab Komputasi Pengguna Akhir
timbul yaitu:
a) Dampak
Pendidikan Komputer
b) Antrian
Layanan Informasi
c) Murahnya
peranti keras
d) Peranti
lunak siap pakai
Pengguna akhir tidak bertanggung jawab
penuh terhadap penggabungan sistem. Namun dalam beberapa kasus pengguna akan
bekerja sama dengan spesialis informasi dalam mengembangkan sistem.
Pengguna Sebagai Suatu Sumber Daya
Informasi
Pengguna diharapkan mampu
berpatisipasi nyata dalam pengembangan sistem dan memtuskan bagaimana
perusahaan mampu memanfaatkan sumber daya informasinya.
Keuntungan Komputasi Pengguna Akhir
- Menyamkan kemampuan dan tantangan : Spesialis diharapkan dapat lebih berkonsentrasi pada organisasi secara luas dan sistem yang rumit
- Mempersempit jarak komunikasi : Pengguna memahami area masalah yang lebih baik dari pada teknologi komputasi.Kombinasi antara pendidikan komputer dan peranti lunak siap pakai memungkinkan pengguna menciptakan sebuah sistem.Ketika pengguna mengembangkan sistem makan tidak ada jarak komunikasi.
Risiko Komputasi Pengguna Akhir
a) Sasaran sistem yang buruk
b) Sistem yang dirancang dan di dokumentasikan dengan buruk
c) Pengguna sumber daya yang tidak efisien
d) Hilangnya integeritas data
e) Hilangnya keamanan
f) Hilangnya kendali
Keahlian Pengembangan Sistem
Keahlian
komunikasi melibatkan kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada satu orang
atau lebih dengan menggunakan komunika, lisan tulisan atau gambar. Kemampuan
analitis melibatkan studi dan pemahamana akhir atas suatu situasi dengan tujuan
untuk merumuskan respons atau solusi.
Mengelola pengetahuan yang
ditunjukkan oleh sumber daya Informasi Perusahaan : Perusahaan sering kali menganggap
manajemen pengetahuan sebagai sistem jenis lain yang harus dikembangkan. Sistem
seperti ini akan menciptakan pengetahuan, mengelolanya dan mengirimkannya ke
pengguna yang tepat.Vendor ini menjual peranti lunak manajemen pengetahuan
kepada perusahaaan.
Otomatisasi Kantor
Otomatisasi Kantor meliputi sistem elektronik formal maupun informal yang
berhubungan dengan komunikasi informasi dari internal ke eksternal.Beberapa
sistem ini melibatkan pengguna komputer yang berada di dalam lingkungan
perusahaan.Keunggulan dari OA adalah dapat memberikan suatu sambungan
komunikasi bagi orang di dalam dan di luar perusahaan untuk saling
berkomunikasi satu sama lain.
Pergeseran dari Pemecahan Masalah
Administratif ke Manajerial
Seiring dengan bertambahnya
pengetahuan komputer dikalangan manajer, mereka menyadari bahwa menggunakan
aplikasi dapat memecahkan beberapa masalah yang mereka hadapi.mereka
menggunakan email untuk mengumumkan jadwal rapat ,yang lain menggunakan video
untuk menghubungkan para pemecah masalah di wilayah geografis yang luas dan
seterusnya.
Kantor Maya
Konsep kantor maya mengakui bahwa
pekerjaan dapat dilakukan hampir di semua lokasi selama tempat kerja terhubung
oleh jenis kemampuan komunikasi elektronik.
Telecommuting
Telecommuting adalah produk- produk
peranti lunak dapat di buat dimana saja.Keuntungan bagi karyawan adalah
fleksibilitas yang diberikan dalam menjadwalkan tugas-tugas pekerjaan sehingga
tugas pribadi juga dapat di akomodasi.Lalu kerugian yang di dapat karyawan yang
melakukan telecommuting dapat merasa menjadi anggota organisasi yang dianggap
kurang penting.
Hoteling
Konsep hoteling adalah pada awalnya
fokus telecommting yang hanya terbatas pada pekerja kantor yang hanya dapat
melakukan pekerjaan mereka di rumah telah meluas hingga meliputi seluruh
karyawan yang datang ke kantor bilamana dibutuhkan. Keuntungan hoteling adalah
pemanfaatan sumber daya dan ruangan yang lebih efektif dan focus yang lebih
baik pada apa yang dibutuhkan untuk mendukung personel kantor. Lalu kerugian
karyawan tidak memiliki bonus karna kurang memiliki ruangan kantor pribadi.
Keuntungan Kantor Maya
1. Biaya
fasilitas yang lebih rendah
Karena beberapa karyawan bekerja di
tempat lain selain di kantor sehingga membuat biaya sewa dan perluasan kantor
menurun.
2. Biaya
peralatan yang lebih rendah
Para karyawan dapat saling berbagi
peralatan dengan cara berpartisipasi di dalam suatu jaringan area local
berbagai sumber daya komputasi.
3. Berkurangnya
penghentian pekerjaan
Bila terjadi bencana alam ,aktivitas
perusahaan tidak dapat berlangsung tetapi dengan adanya kantor maya maka
pekerjaan dapat terus dilakukan.
4. Kontribusi
Sosial
Kantor Maya memungkinkan
memperkerjaan untuk orang yang memiliki kekurangan yang sebelumnya yang tidak
memiliki pekerjaan.Tapi dengan adanya kantor maya dapat memberikan kesempatan
bagi perusahaan untuk mengespresikan rasa sosialnya.
Kerugian Kantor Maya
1. Moral
yang rendah
Sejumlah factor dapat menyebabkan moral karyawan yang rendah. Sebab
tidak adanya umpan balik positif yang berasal interaksi tatap muka dengan
manajer dan karywan lainnya.
2. Risiko
KeamananKeamanan data dan informasi dapat lebih untuk di kendalikan di dalam lingkungan kantor Maya.
Organisasi Maya
Dampak sosial organisasi Maya
Industri yang paling tertarik dengan
konsep kantor maya adalah insutri yang memberikan nilai tambah berupa
informasi, ide dan kecerdasan. Hampir seluruh aktivitas perusahaan mencakup lebih
banyak informasi di bandingkan dengan masa lalu. karenanya sekolah memberikan
pengetahuan komputer kedalam program.Teknologi Informasi dan sistem informasi
terjalin ke dalam sturuktur proses-proses bisnis.
Menempatkan Pengguna Sistem dan
Spesialis Informasi pada Perspektif
Unsur manusia menjadi salah satu
bahan penting dalam pengembangan sistem.Para pemain sepenuhnya di pegang oleh
spesialis namun lama kelamaan pengguna memiliki peran penting.Sampai ke titik
ekstrim pengguna dapat melakukan seluruh pekerjaan pengembangan.
Menurut saya pengguna dan pengembang sistem sangat bergantung kepada individu atau pemakainya, suatu sistem dapat dikatakan berjalan atau saling berkaitan dan dapat membentuk suatu keinginan pemakainya tergantung dari cara pengguna dan pengembangannya. hal tersebut berdampak kepada perkembangan suatu organisasi. Unsur baik pengguna maupun pengembang sistem saling berkaitan untuk mencapai informasi yang dibutuhkan.
Menurut saya pengguna dan pengembang sistem sangat bergantung kepada individu atau pemakainya, suatu sistem dapat dikatakan berjalan atau saling berkaitan dan dapat membentuk suatu keinginan pemakainya tergantung dari cara pengguna dan pengembangannya. hal tersebut berdampak kepada perkembangan suatu organisasi. Unsur baik pengguna maupun pengembang sistem saling berkaitan untuk mencapai informasi yang dibutuhkan.
Daftar Pustaka :
McLeod, R & Schell, G.2012.Sistem
Informasi Manajemen.Jakarta:Salemba Empat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar