Selasa, 01 November 2016

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAB 4



BAB 4 



Pengguna dan Pengembang Sistem

   Spesialis-spesialis informasi sebuah perusahaan terdiri dari atas analisa sistem administrator basis data, Webmaster spesialis jaringan, programmer dan Operator. Para spesialis ini berada dalam unit layanan informasi namun karna perkembangan zaman mereka di pindahkan ke unit bisnis.
   Perusahaan hendaknya memiliki sumber daya manusia yang memiliki keahlian untuk bisa mengembangkan sebuah sistem. Namun kenyataan di lapangan perusahaan hanya mengandalkan spesialis  dari luar. Jika perusahaan bisa mengimplemantasikan ke pegawai internal maka akan terasa manfaat nyata.
   Pengembangan sistem adalah suatu aktivitas yang selalu berevolusi. Bentuk organisasi dan peranan yang dimainkan oleh para pengguna dan spesialis informasi terus –menerus mengalami perubahan.

A. ORGANISASI BISNIS

Dukungan Sistem Informasi bagi Organisasi 

  Sistem-sistem Informasi dikembangkan untuk mendukung kegiatan operasional sebuah organisasi.Sebuah sumber daya fisik dialokasikan ke area anak perusahaan. Inovasi tersebut memberikan manfaat yaitu banyak aktivias perusahaan yang tidak di batasi oleh lokasi. Struktur ini disebut dengan organisasi maya.

Organisasi Layanan Informasi :
  1. Sumber daya Informasi memiliki tugas menidentifikasi sebuah piranti komputer. Sebagian pekerja ini bertugas langsung ke lapangan.
  2. Spesialis Informasi memiliki tugas untuk mengkordinasi atas sumber daya yang dimiliki perusahaan contohnya programmer, analis sistem dan seterusnya.
  3. Analis sistem memiliki tugas untuk mengidentifikasi masalah dan membuat sebuah dokumen tertulis mengenai bagaimana komputer akan menyelesaikan sebuah masalah.
  4. Administrator Basis Data memiliki tugas perencanaan,implementasi, operasi dan keamanan.
  5. Webmaster memiliki tugas untuk membuat situs web yang menyajikan perkembangan sebuah perusahaan melalui sebuah grafik dan webmaster diharapak dapat melacak orang yang mengunjungi halaman web. Angka statistic ini dapat memberikan keefektifan.
  6. Spesialis Jaringan memili tugas menganalisa sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar.
  7. Progammer memiliki tugas membuat  kode program yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
  8. Operator memiliki tugas memelihara sebuah sistem setelah sistem di implementasikan.

Struktur Organisasi Inovatif

       Struktur organisasi ini memiliki cara pandang inovatif yang menyimpan seluruh sumber daya informasi dan memberikan semua sistem informasi kepada para pengguna.Seorang IT berinteraksi dengan pengguna maupun vendor dan tanggung jawab atas divisional dan manajer rekening.Pandangan ini mencerminkan perusahaan mendelegasikan fungsi tsb.

Komputasi Pengguna Akhir

     Penyebab Komputasi Pengguna Akhir timbul yaitu:
               a) Dampak Pendidikan Komputer
               b) Antrian Layanan Informasi
               c) Murahnya peranti keras
               d) Peranti lunak siap pakai
     Pengguna akhir tidak bertanggung jawab penuh terhadap penggabungan sistem. Namun dalam beberapa kasus pengguna akan bekerja sama dengan spesialis informasi dalam mengembangkan sistem.

Pengguna Sebagai Suatu Sumber Daya Informasi

Pengguna diharapkan mampu berpatisipasi nyata dalam pengembangan sistem dan memtuskan bagaimana perusahaan mampu memanfaatkan sumber daya informasinya.

    Keuntungan Komputasi Pengguna Akhir
  1. Menyamkan kemampuan dan tantangan : Spesialis diharapkan dapat lebih berkonsentrasi pada organisasi secara luas dan sistem yang rumit
  1. Mempersempit jarak komunikasi : Pengguna memahami area masalah yang lebih baik dari pada teknologi komputasi.Kombinasi antara pendidikan komputer dan peranti lunak siap pakai memungkinkan pengguna menciptakan sebuah sistem.Ketika pengguna mengembangkan sistem makan tidak ada jarak komunikasi.

      Risiko Komputasi Pengguna Akhir
             a) Sasaran sistem yang buruk
             b) Sistem yang dirancang dan di dokumentasikan dengan buruk
             c) Pengguna sumber daya yang tidak efisien
             d) Hilangnya integeritas data
             e) Hilangnya keamanan
       f) Hilangnya kendali


Keahlian Pengembangan Sistem

     Keahlian komunikasi melibatkan kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada satu orang atau lebih dengan menggunakan komunika, lisan tulisan atau gambar. Kemampuan analitis melibatkan studi dan pemahamana akhir atas suatu situasi dengan tujuan untuk merumuskan respons atau solusi.
Mengelola pengetahuan yang ditunjukkan oleh sumber daya Informasi Perusahaan : Perusahaan sering kali menganggap manajemen pengetahuan sebagai sistem jenis lain yang harus dikembangkan. Sistem seperti ini akan menciptakan pengetahuan, mengelolanya dan mengirimkannya ke pengguna yang tepat.Vendor ini menjual peranti lunak manajemen pengetahuan kepada perusahaaan.
 
Otomatisasi Kantor 

      Otomatisasi Kantor meliputi sistem elektronik formal maupun informal yang berhubungan dengan komunikasi informasi dari internal ke eksternal.Beberapa sistem ini melibatkan pengguna komputer yang berada di dalam lingkungan perusahaan.Keunggulan dari OA adalah dapat memberikan suatu sambungan komunikasi bagi orang di dalam dan di luar perusahaan untuk saling berkomunikasi satu sama lain.

Pergeseran dari Pemecahan Masalah Administratif ke Manajerial

        Seiring dengan bertambahnya pengetahuan komputer dikalangan manajer, mereka menyadari bahwa menggunakan aplikasi dapat memecahkan beberapa masalah yang mereka hadapi.mereka menggunakan email untuk mengumumkan jadwal rapat ,yang lain menggunakan video untuk menghubungkan para pemecah masalah di wilayah geografis yang luas dan seterusnya.

Kantor Maya

        Konsep kantor maya mengakui bahwa pekerjaan dapat dilakukan hampir di semua lokasi selama tempat kerja terhubung oleh jenis kemampuan komunikasi elektronik.

     Telecommuting

          Telecommuting adalah produk- produk peranti lunak dapat di buat dimana saja.Keuntungan bagi karyawan adalah fleksibilitas yang diberikan dalam menjadwalkan tugas-tugas pekerjaan sehingga tugas pribadi juga dapat di akomodasi.Lalu kerugian yang di dapat karyawan yang melakukan telecommuting dapat merasa menjadi anggota organisasi yang dianggap kurang penting.

     Hoteling

            Konsep hoteling adalah pada awalnya fokus telecommting yang hanya terbatas pada pekerja kantor yang hanya dapat melakukan pekerjaan mereka di rumah telah meluas hingga meliputi seluruh karyawan yang datang ke kantor bilamana dibutuhkan. Keuntungan hoteling adalah pemanfaatan sumber daya dan ruangan yang lebih efektif dan focus yang lebih baik pada apa yang dibutuhkan untuk mendukung personel kantor. Lalu kerugian karyawan tidak memiliki bonus karna kurang memiliki ruangan kantor pribadi.

Keuntungan Kantor Maya

         1. Biaya fasilitas yang lebih rendah
                 Karena beberapa karyawan bekerja di tempat lain selain di kantor sehingga membuat biaya sewa dan perluasan kantor menurun.
         2. Biaya peralatan yang lebih rendah
                 Para karyawan dapat saling berbagi peralatan dengan cara berpartisipasi di dalam suatu jaringan area local berbagai sumber daya komputasi.
         3. Berkurangnya penghentian pekerjaan
              Bila terjadi bencana alam ,aktivitas perusahaan tidak dapat berlangsung tetapi dengan adanya kantor maya maka pekerjaan dapat terus dilakukan.
         4. Kontribusi Sosial
          Kantor Maya memungkinkan memperkerjaan untuk orang yang memiliki kekurangan yang sebelumnya yang tidak memiliki pekerjaan.Tapi dengan adanya kantor maya dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengespresikan rasa sosialnya.

Kerugian Kantor Maya

        1. Moral yang rendah
                  Sejumlah factor dapat menyebabkan moral karyawan yang rendah. Sebab tidak adanya umpan balik positif yang berasal interaksi tatap muka dengan manajer dan karywan lainnya.
    2. Risiko Keamanan
             Keamanan data dan informasi dapat lebih untuk di kendalikan di dalam lingkungan kantor Maya.


Organisasi Maya

Dampak sosial organisasi Maya

         Industri yang paling tertarik dengan konsep kantor maya adalah insutri yang memberikan nilai tambah berupa informasi, ide dan kecerdasan. Hampir seluruh aktivitas perusahaan mencakup lebih banyak informasi di bandingkan dengan masa lalu. karenanya sekolah memberikan pengetahuan komputer kedalam program.Teknologi Informasi dan sistem informasi terjalin ke dalam sturuktur proses-proses bisnis.

Menempatkan Pengguna Sistem dan Spesialis Informasi pada Perspektif

         Unsur manusia menjadi salah satu bahan penting dalam pengembangan sistem.Para pemain sepenuhnya di pegang oleh spesialis namun lama kelamaan pengguna memiliki peran penting.Sampai ke titik ekstrim pengguna dapat melakukan seluruh pekerjaan pengembangan.


Menurut saya pengguna dan pengembang sistem sangat bergantung kepada individu atau pemakainya, suatu sistem dapat dikatakan berjalan atau saling berkaitan dan dapat membentuk suatu keinginan pemakainya tergantung dari cara pengguna dan pengembangannya. hal tersebut berdampak kepada perkembangan suatu organisasi. Unsur baik pengguna maupun pengembang sistem saling berkaitan untuk mencapai informasi yang dibutuhkan.



Daftar Pustaka :
McLeod, R & Schell, G.2012.Sistem Informasi Manajemen.Jakarta:Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar